Minggu, 27 April 2008

Visual Selftalk







GAMBAR BIASANYA DIBUAT UNTUK ORANG LAIN. Lukisan dibuat, dipamerkan dan akhirnya dibeli orang untuk benda pajangan. Gambar ilustrasi dibuat untuk memperjelas isi buku pelajaran. Namun ada pula gambar yang sangat personal, gambar yang hanya ditujukan untuk diri sendiri. Bila orang normal suka bicara pada diri sendiri, maka terkadang ia bicara pada diri sendiri melalui gambar dan kata, terlebih bila ia mampu menggambar, inilah yang saya sebut sebagai visual self talk. Tujuannya visual selftalk bisa macam- macam, dari yang sekedar outlet emosi, obsesi, iseng, hingga eksplorasi visual. Agar lebih jelas, saya berikan beberapa visual selftalk yang di buat putri remaja saya.
Saya jadi ingat, gambar gambar sejenis juga sering saya buat ketika duduk dibangku sekolah. Visual selftalk yang berisi eksplorasi. Seolah tanpa makna, namun hasilnya terkadang mengejutkan dan dapat diolah menjadi ide karya. Apakah kebiasaan ini menurun kepada anak saya? Rasanya tidak. Saya meluaskan lagi ingatan saya. Ternyata beberapa teman-teman juga melakukannya di halaman belakang buku tulisnya. Kami biasa saling mengintip apa visual selftalk yang mereka buat. Asyik sekali.

Tidak ada komentar: