Minggu, 15 Juni 2008

Jangan Pakai Satu Kacamata Saja


ANAK SUKA BERMAIN DENGAN KACAMATA. Terutama yang berwarna. Bagi mereka kacamata semacam benda ajaib, karena melalui kacamata mereka bisa melihat dunia berbeda. Ada dunia biru bila kacanya biru, ada kuning dan ada yang lebih gelap. Anak bisa berlama-lama dengan kacamata gelap menikmati dunia berbeda.

Kacamata dalam tulisan ini bukan tentang kacamata yang bertengger di pangkal hidung orang yang biasa dipakai sebagai alat batu penglihatan atau pelindung mata atau untuk sekedar menggayakan wajah. Tetapi ‘kacamata’ yang biasa kita gunakan untuk melihat kehidupan ini.Ya, tiap orang punya ’kacamata’macam ini dan memandang kehidupan dari baliknya. Dan seperti halnya contoh anak di awal tulisan ini, ‘kacamata’ jenis ini tidak berdampak pada penglihatan secara fisik, tetapi lebih terhadap mentalitas kita.

Masalah hidup akan terus ada, tetapi reaksi kita sangat dipengaruhi oleh ’kacamata’apa yang kita gunakan untuk memandangnya. Mungkin karena sekarang jaman serba susah, maka orang terkondisi melihat kehidupannya dengan kacamata ekonomi. Cirinya adalah segala sesuatu dilihat dari segi untung atau rugi. Tidak salah memang, tapi jika kacamata macam ini dipakai kontinu kita bisa capek dan sakit karena hidup bisa penuh penyesalan. Apalagi di saat sekarang. BBM naik, barang-barang serba mahal, hidup makin susah. Rasanya menggunakan kacamata ini terus bisa membuat kita sebagai orang termalang di dunia Tipe ‘kacamata’ yang kita pakai bisa membuat depresi atau sebaliknya.

Sebenarnya masih tersedia banyak 'kacamata' lain yang cocok kita pakai untuk melihat kehidupan ini.
Mengapa tidak melihat kehidupan ini
dengan 'kacamata' iman,
'kacamata' kemanusiaan,
'kacamata' terang/optimistik

'kacamata' anak
dan bukan 'kacamata' buram/pesimistik?

Memakai banyak kacamata membuat kita dapat melihat dan memahami kehidupan dari perspektif lain dan lebih segar. Banyak kisah yang membuktikan bahwa melihat dengan banyak 'kacamata' membuat orang bekerja lebih happy, menolong lebih tulus, hidup bisa lebih dinikmati.



Tidak ada komentar: